2016/08/08

Cara Mendaftar Akun Gmail & Fungsi-Fungsi Dasarnya

Kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Electronic Mail khususnya Gmail. Dengan segudang manfaat yang dimilikinya, gmail menjadi wajib dimiliki bagi mereka yang sehari-hari berkecimpung di dunia internet. Saat ini Gmail menjadi sangat populer, karena proses pendaftarannya yang sangat mudah dan tidak berbelit-belit seperti dulu. Saking mudahnya banyak orang yang mempunyai beberapa akun. Bahkan kemudian diantaranya banyak yang tidak terpakai.

Namun bagi kalian yang belum mempunyai dan ingin mendaftar akun gmail, artikel ini dapat menjadi panduan yang tepat buat kalian. Disini dipaparkan beberapa langkah-langkah sederhana dalam membuat/mendaftar gmail. Tidak hanya itu, dalam artikel ini juga dipaparkan beberapa fungsi-fungsi dasar pada gmail itu sendiri. Sehingga nantinya setelah akun gmail kalian telah jadi, kalian dapat mengoperasikannya.

Perlu diketahui bahwa cara membuat/mendaftar akun gmail via hp dan komputer tidak jauh berbeda meskipun memang ada perbedaan yang tidak terlalu signifikan. Jadi buat kalian yang sedang browsing via hp tidak perlu khawatir harus beralih ke komputer/laptop begitu juga sebaliknya...

MEMBUAT/MENDAFTAR AKUN GMAIL
  1. Buka tab penelusuran kemudian pastekan: https://accounts.google.com/SignUp atau langsung klik saja tautannya
  2. Isikan semua identitas yang diperlukan seperti gambar di bawah ini.
    1. Isikan nama depan dan nama belakang anda yang nantinya akan menjadi pengenal akun anda.
    2. Isikan username yang anda inginkan contoh: saya@gmail.com. Jika username yang anda buat sudah terpakai oleh akun lain maka anda harus menggantiya
    3. Isikan pasword minimal 8 karakter yang mudah anda ingat (sebaiknya menggunakan kombinasi huruf dan angka) kemudian ketikan kembali pasword tadi pada kolom berikutnya.
    4. Ketikan tanggal lahir, jenis kelamin, nomor hp, alamat email, dan lokasi anda berturut-turut pada kolom berikutnya. (untuk alamat email dapat anda kosongkan)
  1. Klik/pilih Langkah berikutnya, lalu akan muncul jendela baru
  2. Gulir ke bawah lalu klik/pilih SAYA SETUJU seperti gambar berikut
  3. Anda kemudian akan disuruh melakukan verifikasi akun melalui nomor ponsel yang anda telah daftarkan tadi.
  4. Klik/pilih Lanjutkan (jangan lupa memilih tipe verifikasi melaui sms agar lebih memudahkan anda). Lihat gambar dibawah
  5. Tunggu hingga kode verifikasi masuk ke ponsel anda lalu isikan kode tersebut pada kolom yang disediakan seperti gambar berikut.
  6. Lalu klik/pilih Lanjutkan.
  7. And then Gmail Anda pun siap untuk disajikan, hehehe.
FUNGSI-FUNGSI DASAR PADA GMAIL

Ada banyak fitur/layanan yang tersedia pada email dalam hal ini gmail yang dapat kita nikmati secara gratis. Sayangnya kebanyakan orang saat ini membuat akun gmail hanya sekedar untuk mendaftar akun sosmed lainnya seperti facebook, instagram dll. Mungkin karena belum tahu manfaat dan cara mengoperasikannya sehingga setelah akun sosmed tersebut selesai dibuat, gmailnya pun akan terabaikan begitu saja ibaratnya habis manis sepah dibuang hehehe. Padahal ada banyak fitur/layanan yang bermanfaat yang sayang jika tidak dimaksimalkan. Oleh karena itu berikut ini saya rangkum beberapa fungsi-fungsi dasar dari gmail tersebut beserta cara menggunakannya.

1. Mengirim email (mengirim surat-surat/file-file besar lainnya)
  • Login ke akun gmail Anda terlebih dahulu
  • Klik/pilih Tulis pada bagian kiri atas, lalu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini
  • Pada kolom Kepada ketikan alamat email tujuan Anda
  • Pada kolom Subjek ketikan judul email Anda (bisa dikosongkan kalau tidak ingin memberi judul)
  • Setelah kolom Subjek ketikan isi email anda
  • Klik/pilih ikon Peniti dibagian bawah untuk menambakan lampiran
  • Setelah itu anda akan diarahkan ke windows explorer lalu pilih file yang akan dilampirkan. (Jika file yang dilampirkan ukurannya melebihi 25 MB maka Anda akan dialihkan ke google drive secara otomatis)
  • Kilk/pilih Open maka lampiran Anda akan diupload
  • Klik/pilih Kirim untuk mengirim setelah proses upload selesai
  • Anda akan menerima pemberitahuan “Pesan anda telah dikirim. Lihat pesan” berarti email anda telah terkirim.
2. Menerima email (menerima surat-surat/file-file besar lainnya). 
  • Pertama, Klik/pilih Kotak masuk di sebelah kiri atas, lalu akan tampil seluruh pesan yang masuk ke akun Anda.
  • Klik/pilih pada pesan email yang ingin dibaca maka isi pesannya akan terbuka.
  • Klik/pilih Unduh untuk membuka/mendowload jika ada lampiran yang Anda terima.
  • Tunggu hingga proses unduhan selesai
3. Membalas & meneruskan email yang diterima
  • Buka terlebih dahulu pesan email yang akan dibalas/diteruskan seperti cara di atas.
  • Gulir kursornya ke bawah hingga tampilannya seperti gambar dibawah ini.
  • Klik/pilih Balas untuk membalas email dan Teruskan untuk meneruskan email ke akun gmail lain.
  • Cukup isikan pesan email jika Anda bermaksud membalas email dan cukup isikan alamat email tujuan pada kolom kepada jika Anda bermaksud meneruskan email. Lihat gambar di bawah!
    Membalas Email
    Meneruskan Email
  • Lalu klik/pilih Kirim. Email Anda pun berhasil dibalas/diteruskan
4. Mengurungkan/membatalkan pengiriman email
Anda juga dapat membatalkan email yang baru dikirim dengan syarat Anda sudah mengaktifkan fiturnya terlebuh dahulu. Adapun caranya mengaktifkan fiturnya adalah sebagai berikut:
  • Klik/pilih ikon Gear  di bagian kanan atas.
  • Klik/pilih Setelan.
  • Gulir ke bawah hingga pada bagian "Urungkan Pengiriman"
  • Klik/pilih Aktifkan Urung Kirim.
  • Lalu atur Periode Pembatalan yang dinginkan (maksudnya adalah durasi waktu untuk memutuskan melakukan pembatalan pengiriman email atau tetap mengirimnya).
  • Klik/pilih Simpan Perubahan di bagian bawah laman.
Ketika Urungkan Pengiriman telah diaktifkan Anda akan mempunyai durasi beberapa detik untuk membatalkan pengiriman email. Jika Anda tidak memilih Urungkan selama beberapa detik tersebut maka pesan email Anda akan tetap dikirimkan.

5. Mengatur tema
Jika ingin tampilan gmail Anda terlihat lebih propesional dan lebih nyaman saat digunakan silahkan masuk pengaturan tema, dengan cara:
  • Klik/pilih ikon Gear pada bagian kanan atas
  • Klik/pilih Tema
  • Lalu akan terlihat beberapa pilihan tema seperti gambar berikut
  • Klik/pilih salah satu tema yang ada, Anda juga dapat menambahkan tema dari komputer anda dengan mengklik Foto saya
  • Klik/pilih Simpan, untuk menyimpan perubahan.
6. Fasilitas chat 
Selain mengirim/menerima email, Anda juga dapat melakukan obrolan/chatting dengan kontak gmail yang sudah Anda miliki atau dengan orang-orang yang sering bertukar email dengan Anda. Anda dapat melakukan obrolan via pesan teks, panggilan suara, ataupun video call. Fitur chatting tersebut terdapat pada bagian kiri bawah seperti pada gambar yang diberi tanda merah di bawah ini.
Silahkan pilih dengan siapa dan bagaimana Anda akan melakukan obrolan. Panduan untuk melakukan chatting via gmail selengkapnya silahkan baca artikel tentang Cara Chatting dengan Gmail.

7. Aplikasi terkait (google drive)
Setelah mempunyai akun gmail Anda juga dapat memanfaatkan beberapa aplikasi yang terkait langsung dengan gmail. Salah satu yang paling bermanfaat menurut saya adalah google drive. Google drive merupakan aplikasi penyimpana online (online storage) yang mempunyai kapasitas penyimpanan sebesar 15 Gb dan dapat ditinggkatkan hingga 30 TB jika mempunyai dana lebih. Anda dapat menyimpan file2 penting disini tanpa perlu khawatir akan kehilangannya selama Anda masih mengingat akun gmail beserta paswordnya. Anda juga dapat mengaksesnya kapan saja dan di mana saja selama masih dalam jangkauan jaringan internet. Adapun cara mengakses google drive adalah sebagai berikut:
  • Buka akun gmail anda terlebih dahulu
  • Klik/pilih Menu aplikasi di bagian kanan atas. Lihat gambar di bawah!
  • Lalu klik/pilih Drive
  • Maka google drive pun akan terbuka.
Anda dapat mencoba menyimpan file dengan menggunakan menu-menu yang ada. Untuk cara menggunakan google drive selengkapnya akan saya bahas kemudian.

Sebenarnya masih banyak lagi yang dapat kita lakukan di gmail. Namun untuk saat cukup itu yang bisa saya bahas semoga dapat bermanfaat. Jika ada tambahan, masukan, atau pertanyaan tentang artikel ataupun blog sederhana ini silahkan tinggalkan pada kolom komentar!

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net